Friday, March 30, 2012

Cara Memelihara Anjing Pudel

Pudel. Anjing ini sangat dikenal diseluruh dunia karena keunikan dan kepandaiannya. Anjing Pudel merupakan anjing nasional Prancis. Tahukah Anda ada 3 type ukuran yaitu Standard, Mini dan Toy. Meskipun merupakan anjing nasional Perancis, tapi anjing ini dipercaya berasal dari Jerman atau Rusia.
Anjing Pudel Standar (ukuran paling besar) dilatih agar dapat berenang dan mengambang di air sehingga peruntukkan anjiing ini untuk water retriever yaitu mengejar hewan buruan dalam air. Namun di Rusia anjing ini malah digunakan sebagai penarik kereta susu. Ketika Pudel Standar dibawa ke Prancis, mulai dikembangkan ukuran yang lebih kecil yang disebut Mini Pudel dan Toy Pudel.
Khusus Toy Pudel perkembangannya sangat pesat, karenanya masyarakat Eropa lebih menyukai trah ini, karena sifatnya yang baik dan bentuknya yang lucu dan cantik. Bulunya dapat dibentuk sesuai keinginan sang pemilik. Anjing ini sangat mudah dilatih sehingga banyak dipakai pada pertunjukan sirkus di Eropa.
  • Ciri dan Sifat
Bentuk kepala bulat dengan moncong panjang, stopnya terlihat jelas, telinga menggantung ke bawah, ekor tegak lurus menghadap ke atas. Bulunya banyak macam yang dimiliki Pudel seperti hitam, putih, coklat, abu-abu dan biru. Pudel mempunyai sifat setia, gemar bermain. Khusus tipe standar mempunyai sifat lebih berani dibanding tipe yang lain yang agak pemalu. Hal yang sangat istimewa pada Pudel adalah ras ini tidak mengalami masa pergantian bulu seperti ras lainnya. Bulunya tumbuh di seluruh bagian tubuh hingga di dalam lubang telinga.
  • Perawatan
Bulu Pudel harus disisir setiap hari bila tidak akan menggumpal karena bulunya tumbuh dengan cepat serta berguna untuk mengangkat bulu yang kurang sehat. Pudel dimandikan minimal satu minggu sekali. Bulu yang tumbuh di dalam lubang telinga harus dicabut untuk memudahkan pembersihan telinga. Bulu di moncong, ujung kaki, leher bagian bawah, pangkal ekor harus dicukur setiap 3 sampai 6 minggu sekali. Pemeliharaan anjing ini lebih baik di dalam rumah karena akan cepat kotor jika dipelihara di luar rumah.
  • Tips Mengawinkan Pudel
Mengawinkan trah Pudel sebaiknya pilih pasangan sesama tipe dan warna. Perkawinan dengan tipe berbeda akan menghasilkan keturunan yang berbeda-beda ukuran dan warna sehingga menyulitkan untuk pengkategorian tipenya. Jika ingin mendapatkan warna putih salju atau hitam pekat sebaiknya pasangan dari warna yang sama pula jika berbeda warna akan menghasilkan warna putih yang kotor atau putih krem , dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment