Thursday, March 29, 2012

Danau Batur

Bagi sebagian orang, berlibur ke Pulau Bali merupakan hal yang biasa. Di sana, wisatawan dapat melihat keindahan Pantai Kuta serta mencicipi ombaknya untuk bermain selancar. Akan tetapi, pernahkah Anda mencoba hal yang berbeda ketika berlibur di Bali?
Selain keindahan pantainya, ternyata Bali juga memiliki danau yang elok serta dapat memanjakan mata. Danau Batur, danau yang berada di kaki Gunung Batur ini merupakan danau terbesar yang dimiliki Pulau Dewata. Keindahan yang dimiliki oleh danau ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga. Danau ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.
Konon katanya, Danau Batur terbentuk akibat letusan Gunung Batur pada ribuan tahun silam. Letusan itu lalu membuat sebuah kaldera. Kaldera atau kawah raksasa tersebut kini digenangi air yang menjadi sumber air dari sebagian besar lahan poertanian di Bali. Air dari danau ini mengalir ke hampir seluruh sungai besar di Bali. Sungai Unda, Sungai Suni, dan Sungai Banyumala adalah sungai yang dialiri oleh Danau Batur.
Pesona wisata di Danau Batur tentulah pada keindahan pemandangannya, dan jika Anda mau menyaksikan keindahan tersebut, daerah Penlokan-Kintamani merupakan tempat terbaik untuk menikmatinya. Dari trotoar di pinggir Jalan Raya Bangli-Singaraja, Anda akan disuguhkan hamparan danau yang dengan airnya yang biru berpadu dengan sosok Gunung Batur yang kokoh menjulang.
Tak puas melihat keindahan alamnya dari kejauhan, perahu-perahu kecil milik warga sekitar dapat Anda sewa untuk menyaksikan keindahan pesona alam dari tengah danau. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tak ada salahnya untuk menyiapkan pancingan Anda dari rumah dan mulai untuk menjajal gesitnya ikan-ikan di sini.
Untuk bisa sampai di kawasan Danau Batur, diperlukan waktu kira-kira 2 jam perjalanan dari Kuta. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi atau kurang paham jalan-jalan di Bali, Anda dapat menyewa mobil lengkap dengan supir untuk membantu Anda tiba di tujuan.
Jangan khawatir jika Anda ingin menikmati Danau Batur lebih dari satu hari, karena di Kintamani terdapat banyak penginapan yang tersedia. Dari harga termurah Rp200 ribu per malam, hingga yang paling mahal sekitar Rp650 ribu per malam.

No comments:

Post a Comment